Cara memaksimalkan peran di kantor

Dimanapun, para pekerja atau karyawan dituntut untuk bekerja secara optimal agar mencapai hasil kerja yang maksimal. Dan untuk mencapainya, andapun harus memaksimalkan peran anda sebagai karyawan. Caranya? Cukup mudah kok. Coba cermati empat hal di bawah ini:

– Catat informasi tentang hal-hal yang dibutuhkan oleh perusahaan, departemen atau bagian tempat anda bekerja. Siapa tau anda bisa memberikan apa yang perusahaan butuhkan. Untuk mengetahuinya, tentu saja anda harus banyak bergaul dan bertanya. Istilahnya anda harus ‘jemput bola’. Tidak sekedar menunggu diberi tahu.

– Di waktu luang, cobalah untuk menambah pengetahuan, ketrampilan atau keahlian anda dalam rangka memenuhi kebutuhan perusahaan. Kemudian pelan-pelan aplikasikan apa yang telah anda peroleh tersebut dalam pekerjaan anda sehari-hari. Jangan takut gagal. Karena kalau anda takut, anda tak akan pernah berani memulai.

– Komunikasikan usulan-usulan atau ide-ide anda yang mungkin dapat membantu meningkatkan prestasi departemen tempat anda bekerja. Untuk memaksimalkan peran anda, anda juga bisa memberikan saran dan ide untuk departemen lainnya, tentu tanpa menanggalkan etiket.

– Buatlah suatu proposal tentang pemikiran anda yang bisa membantu memecahkan masalah di perusahaan atau bagaimana meningkatkan keuntungan perusahaan. Kemudian cobalah ajukan proposal tersebut pada pihak terkait. Ada baiknya, sebelumnya anda bicarakan dan diskusikan pada atasan anda langsung. Mintalah saran dan pendapatnya, dan dengarkan masukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *