Berpikir ke depan meraih sukses

Belakangan ini kiat untuk berhasil dalam karir bukan semata-mata harus tekun dan rajin bekerja. Seseorang yang terlalu tekun bekerja dianggap tidak lagi memberikan kontribusi maksimal pada perusahaan. Justru mereka yang lebih berpikir ke depanlah, yang memiliki peluang untuk sukses.

Mungkin anda masih bingung, bagaimana caranya berpikir ke depan? Berikut ini adalah cara berpikir ke depan agar karir anda menjulang:

Pelajari kondisi perusahaan

Walau sesibuk apapun anda bekerja, luangkan waktu anda sejenak untuk mempelajari kondisi perusahaan. Cari tahu apa tujuan perusahaan di sama depan. Baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pelajari apa yang tengah terjadi saat ini di perusahaan anda. Jangan sampai kesibukan menyebabkan anda ketinggalan informasi terkini tentang perusahaan. Salah satu cara mengetahui berbagai informasi tentang kantor adalah dengan cara melibatkan diri dalam pergaulan di kantor. Ini akan sangat membantu ketimbang cuma sibuk di depan komputer. So, walau sibuk berat, jangan ampe lupa sosialiasi dan bergaul loh!

Jangan bekerja sendiri

Jika anda menghadapi kesulitan dalam bekerja, jangan paksakan menyelesaikan sendiri. Daripada susah payah memeras otak sendirian, lebih baik anda minta bantuan pada rekan-rekan atau atasan anda. Diskusikan solusi untuk menyelesaikan kesulitan yang anda hadapi. Siapa tahu ide dan saran mereka bisa sangat membantu.

Satu visi dengan atasan

Staf dan bos sudah selazimnya bisa seiring sejalan agar bisa bekerja sama. Untuk lebih memudahkan kerjasama anda dengan bos, sebaiknya anda ketahui dan pelajari visi atasan anda terhadap perusahaan. Untuk mengetahuinya, di saat yang tepat lakukan komunikasi dengan bos. Dari obrolan ringan yang anda lakukan, giring pembicaraan sampai anda mengetahui visinya. Dengan mengetahui visinya, anda bisa bekerja secara maksimal dan bersama-sama mencapai tujuan. Ini bisa membantu anda mencapai jenjang karir yang anda inginkan.

Kembangkan relationship

Berkarir di abad 21, anda tidak bisa mengandalkan orang-orang di lingkungan yang itu-itu aja. Kembangkan relationship anda seluas-luasnya. Jalin networking di setiap kesempatan, misalnya di seminar, kursus, training, dll. Ingat, semakin luas pergaulan anda semakin luas pula wawasan anda. Dan ini bisa membantu peningkatan karir anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *