Persiapan jadi pemimpin

Menurut ahli karir, sebenarnya setiap karyawan harus mempersiapkan dirinya menjadi pemimpin. Karena cepat atau lambat, terutama karyawan yang potensial, suatu saat jadi pemimpin. Nah, anda yang filling bakal jadi pemimpin suatu saat kelak, persiapkan diri dari sekarang. Karena jadi pemimpin tidaklah mudah. Caranya? Simak deh di bawah ini:

– Pelajari gaya kepemimpinan tokoh-tokoh pemimpin yang anda kagumi. Kemudian seraplah hal-hal positif dari dari tokoh tersebut. Walau tak mesti sama untuk menjadi seperti tokoh idola anda tetapi hal ini dapat memacu diri anda untuk menjadi pemimpin berkualitas.

– Belajarlah menghadapi kondisi dimana anda merasa tidak nyaman. Karena seorang pemimpin dituntut untuk siap menghadapi kondisi apapun. Baik kondisi menyenangkan maupun tidak. Jika ada suatu masalah, hadapilah. Jangan melarikan diri dari masalah. Jangan pernah berpikir, “Sepertinya saya tidak bisa..” melainkan anda harus yakin bahwa anda pasti bisa.

– Ikutilah kursus singkat atau seminar mengenai bidang yang belum anda kuasai. Semakin banyak ilmu, wawasan dan pengetahuan yang anda miliki, rasa percaya diri akan bertambah dan ini penting dimiliki oleh seorang pemimpin.

– Belajarlah menghadapi orang banyak dan tampil di depan umum sesering mungkin. Jika anda terbiasa menghadapi orang banyak, anda tidak akan grogi lagi. Ingat, seorang pemimpin tidak boleh ragu dan malu berhadapan dengan orang banyak loh.

– Kerjakan semua tugas dan pekerjaan anda dengan baik. Penuhi setiap deadline. Jika anda tergabung dalam kerja tim, kembangkan sikap kerjasama yang solid. Hargai saran dan pendapat dari orang lain. Tetapi jangan ragu untuk mengemukakan ide dan pendapat anda.

– Belajarlah untuk menulari kelebihan anda pada rekan-rekan. Jika ada rekan anda yang butuh bantuan anda, bantulah. Jangan jadi pribadi egois yang hanya ingin menerima bantuan. Jika orang lain membutuhkan anda, jangan ragu untuk ‘turun tangan’.

Jika anda belajar jadi pemimpin dari sekarang, anda tinggal mempraktekkannya ketika menjadi pemimpin sungguhan. Dan anda pun sudah siap menjadi seorang ‘leader’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *