Stop menyesali diri

Cukup manusiawi jika anda punya rasa iri melihat kelebihan dan keberuntungan orang lain. Karena siapapun pasti ingin memperoleh kesuksesan seperti yang orang lain peroleh. Nggak heran, jika banyak orang yang selalu membandingkan apa yang sudah diperolehnya dengan apa yang sudah diperoleh orang lain.

Jika anda selalu membandingkan diri anda dengan kelebihan orang lain, anda akan merasa tidak suka, keki, bahkan benci dengan kelebihan yang orang lain dapatkan. Untuk itu, anda harus berhati-hati. Pelan tapi pasti sikap ini akan mengurangi dan membatasi produktivitas anda di kantor. Tentu saja hal ini sangat merugikan anda.

Rasa tak suka melihat orang lain memperoleh banyak hal, akan menggiring anda untuk terus berpikiran negatif. Selain membuat anda tidak bersyukur terhadap apa yang sudah anda dapatkan, anda pun bisa menjadi pribadi yang tidak menghargai diri anda sendiri. Bahkan parahnya anda bisa saja membenci diri sendiri.

Misalnya, saat rekan anda di kantor, katakanlah si A mendapat promosi jabatan sementara anda tidak. Kondisi ini membuat anda stres dan menyesali diri. Anda menyesal kenapa tidak bisa seperti si A. Anda juga menyesal kenapa tidak dipromosikan. Akhirnya anda akan merasa bodoh dan didera pertanyaan-pertanyaan yang menyalahkan diri sendiri seperti, “Kenapa aku sebodoh ini?”, “Kenapa aku tidak bisa…?”, dll.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membuat anda semakin tersiksa. Tak ayal lagi, anda pun semakin tidak bisa menghargai diri sendiri. Maka, stop, hentikan berbagai pertanyaan dan pikiran negatif itu. Dan stop menyesali diri sendiri. Karena semua itu tak ada gunanya. Lebih baik anda segera bangkit dan susun rencana sesuai kemampuan. Kemudian lakukan rencana tersebut dengan cara yang anda anggap paling tepat. Jangan sekalipun kembali membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Percaya deh, usaha yang dilakukan dengan pola pikir positif akan membawa kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *